Cemilan unik: Mageli

Cemilan mageli ini memang unik karena jarang ditemui loh.. Kayaknya memang warisan turun temurun dari nenek deh. Konon katanya ini asalnya dari negeri timur tengah sana, yaitu Saudi Arabia. Memang kakek sempat menghabiskan waktu disana sebelum ketemu nenekku di Indonesia.

Cemilan ini kayaknya jg cukup gizi karena bahan utamanya adalah kacang hijau, walaupun pelengkapnya masih menggunakan udang kering dan asam😀 tapi secara keseluruhan cukup ok lah😀 (enak sih :P)

Yah karena uniknya itu, makanya resepnya aku share disini. Memang biasanya orang yg baru nyobain pertama kali pasti merasa aneh. Kacang ijo goreng (mirip perkedel deh :D) dicocol sama kuah udang kering asam? Bahkan kadang2 bisa diliat muka mereka menghijau :)) tapi nyatanya, beberapa keluarga baru kami, pada cobaan ke-2 atau ke-3 langsung tergila-gila, bahkan sampai menghirup kuah cocolannya!😀

Cemilan ini sudah menjadi cemilan tradisi keluarga inti kami di hari-hari istimewa, terutama hari ulang tahun, seperti hari ini, abangku yg  ultah kemarin, masak dirumah (doi termasuk koki jago masak loh :D) Salah satu masakannya ya ini: Mageli plus Macaroni schotel yg full keju (sluuuurrrrpyy).

Berikut foto-foto resep pembuatan Mageli, orang bilang: pictures said more than thousands words. Walau proses fotonya rada2 mengganggu yg masak (ini bukannya bantuin malah ngerecokin foto2 segala lagi huh) hihihih.. biarin aja, kokinya jg bangga kok difoto2 masakannya walo gak ngakuin secara langsung😛

bahan utama mageli: kacang ijo yg sudah direndam semalaman

ini yg bikin tambah enak: berbutir2 telur😀

daun kucai untuk bahan tambahan adonan mageli

bahan-bahan untuk sambel dan kuah cocolan mageli

udang kering dihaluskan, jgn halus2 tapi, biar berasa gitu loh

udang kering yang sudah dihaluskan

kuah asam untuk campuran bumbu kuah cocolan mageli

bumbu kuah cocolan dah jadi: udang kering halus campur kuah asam, uenakeee😀

sambelnya dah jadi nihhhh

bocil yg mbantu (atau ngrecokin?) giling kacang ijo

giling ayo digilingggg kacang ijonya

pake gilingan daging yaaa

daun kucai diiris-iris untuk tambahan adonan mageli

adonan mageli: gilingan kacang ijo dan irisan daun kucai

adonan gilingan kacang ijo dan irisan daun kucai ditambahkan tepung terigu secukupnya

adonan ditambahkan telur berbutir2, kira2 aja deh sendiri brapa banyak😀

adonan kacang ijo + daun kucai + terigu + telur diaduk rata

ambil adonan dengan sendok, bentuk sesuai sendok dan ceburkan ke minyak panas

ceburkan adonan mageli dari sendok langsung ke minyak panas

goreng hingga kecoklatan

angkat bila sudah kecoklatan dan tiriskan

mageli siap dihidangkan dengan bumbu cocolan udang kering + kuah asam dan sambel sesuai selera

Nah demikianlah proses pembuatan cemilan Mageli ini. Cukup mudah kan??? Paling proses giling2nya aja yg rada2 berat hehehe.. Bahan-bahannya juga gak macem2 kok, mudah didapet (mungkin kecuali daun kucai ya :D). Untuk anak2, makan Mageli goreng tanpa kuah cocolan jg udah enak dan sehat bergizi..

Nah sampe sini dulu ya, kekenyangan bawaannya ngantuk melulu heheheh… zzz…

~ by morningd3w on July 1, 2012.

8 Responses to “Cemilan unik: Mageli”

  1. wah wah… yummy ini resepnya lebih saheh nih dibanding yang made in Martpura… tapi kacangnya kacang
    hijau.. lebih menjanjikan dibanding kacang putih.. kalau di arab pake kacang fuul… tp intinya tetep kacang… pengen euy nyoba yang enni.. oh ya sekilas info.. di bangladesh ditemukan juga serupa banget dengan ini.. namanya Piaju… bedanya sebelum digoreng kasih ketumbar dikit di adonannya.. yummy dan wangi deh..

  2. akhirnya aq menemukan resep mageli.Makasih lho mbak di share resepnya.aku jg jatuh cinta pada gigitan pertama hehehe….
    Aq jd pengen nyoba.tp g punya gilingan daging.gmn ya mbak?? kalo pake blender,kudu pake air khan….pasti jadinya beda.gmn ni mbak???

    • heheh emang pasnya pake gilingan daging mbak😀 pake blender jg bisa kali, kan kacang ijonya udah direndem semaleman, pasti udah lunak kok🙂 dicoba dulu ajaa😀

  3. wah ini kalau di negara arab namanya filafel, kalau diarab pakai kacang ful medames (di indo kacang kuda/kacang karimun), pake ketumbar dan jinten, dimakan sama chapati/roti, kalau di mesir pake kacang fava (warnanya hijau bentuknya mirip kacang koro), kalau dijawa tengah atau jawa timur, bisa pakai kacang tolo/kacang tanah, cuma ditambah parutan kelapa dan parutan singkong,tp g pakai telur, makanya texturnya agak atos alias keras, hehehe, dijawa tengah kita menamakannya mentho, di jawa timur lento, hehhee, tp dilihat dari proses bikinnya hampir sama, ternyata masakan ini masakan internasional ya, cuma beda cara makannya ja

    • wah ternyata ya.. banyak jenisnya😀 thanks ya udah sharing😀 penasaran juga sih jenis makanan ini apa😀

  4. wah.. enak sekali.. tuchh..

  5. Bun, kalau di kalimantan isinya dikasi cabe rawit satu biji…
    Oh ya, ini resepnya tak perlu pakai be. Putih/merah garam dll kah bun?

    • Ooo gt ya mbak, jadi kayak lontong dong ya isi cabe rawit hehehe.. Untuk mageli ini, gak perlu pake bawang merah/putih or garam kok. Karena sengaja dibuat agak plain rasanya spy ketika dicocol jadi enak. Wah jadi kepengen makan mageli lagi deh nih heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: