home made: kerak telor

loha! kali ini bukan cerita jalan-jalan ya.. tapi resep kerak telor. kenapa dimasukin disini? karena banyak yg request hahaha.. dan nyokap proudly present deh dimarih, dengan penyambung tangan ya gue😛

ready to eat kerak telor =P~

tampilannya sih kurang meyakinkan ya? apa potograpernya yg kurang okeh ya? maklum aja deh ya, abis keburu2 mo ngantor. boro2 bantuin nyokap bikin kerak telor.. yg ada malah sibuk mendokumentasikan semuanya :)) demi dehhh…

mo ikutan nyoba bikin? sederhana dan mudah kok.. cuma perlu siapin:

  • telor ayam (bebek jg bisa sih) 10 butir
  • beras ketan 1/4 liter direndam semalaman
  • kelapa yg muda 2 butir diparut
  • cabe merah besar 1/2 ons
  • ebi (udang kering) 1/2 ons
  • bawang merah selera

adonan parutan kelapa campur ebi dan cabe plus bawang goreng

cara masaknya gini nih (sotoy mode: ON):
Bubuk kelapa (buat isi dan taburan):
  1. bawang merah diiris dan digoreng setengah matang, sisihkan
  2. cabe, ebi plus garam dan bumbu penyedap dihaluskan kemudian disangrai dengan minyak bekas goreng bawang tadi
  3. bawang goreng tadi dimasukkan ke dalam adonan cabe + ebi tadi sambil terus disangrai
  4. tambahkan seluruh parutan kelapa dalam adonan tersebut sambil terus disangrai hingga kecoklatan (gambar diatas), sisihkan

Buat kerak telornya:

bahan-bahan untuk kerak telor

taburkan beras ketan secukupnya ke dalam teflon panas, tutup dan diamkan sebentar

taburan beras ketan untuk dipanggang *maap teflonnya dah bocel bocel hahah
siapkan adonan telor campur garam+bumbu penyedap secukupnya+bawang goreng diaduk dengan bubuk kelapa kira-kira untuk 1 porsi

adonan telor + garam + bumbu penyedap + bawang goreng + bubuk kelapa panggang

tuang adonan dalam teflon, aduk dengan beras ketan panggang tadi, kemudian ratakan, tutup dan panggang bolak balik hingga kecoklatan

adonan kerak telor sebelum dipanggang

setelah matang, taburkan lagi bubuk kelapa panggang dan bawang goreng, kerak telor siap disajikan😉

siap santap… slurrpppyyy!

bikinnya gampang dan cepet kan😀 hasilnya enak loh😀 (kalo bener bikinnya :P). jadi sekian resep kali ini.. see ya!

~ by morningd3w on May 30, 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: