welcome to Ha Noi

Perjalanan kali ini direncanakan kira-kira sejak bulan oktober 2011. Saat itu kita masih mencari lokasi yg tepat untuk bs jalan-jalan lagi setelah sebelumnya krakatau trip. Sempet tersebut hongkong, china, pulau komodo (lagi?), bali (lagi?), bangkok, hanoi, tengger dll deh.. Tp akhirnya setelah liat2 situasi dan eksotisisme (apaan sih) lokasinya, kita pilih hanoi, krn ada halong bay cruisenya.

Langsung proses hunting agent, tiket, hotel dll. Makan waktu 1-2 bulan untuk clear-in semuanya:

  • Tiket valueair 1way jkt-sg us$20
  • Tiket jetstar pp sg-hanoi-sg sg$210
  • Tiket lionair 1way sg-jkt rp880rb
  • Hotel camelcity di hanoi 2nights us$20
  • Halong bay cruise us$60

Selebihnya prepare disana aja. Karena pastinya ada tambahan2 servis dll.

Mendekati jadwal pergi yaitu tgl 21 maret 2012 malem, masing2 dari kita dalam posisi yg sama: panik. Karena cuti terancam gagal: gue krn masalah sistem ditambah asisten resign, baby krn masalah assignment yg justru ditempatkan di bandung, juwi krn cutinya sudah minim.

Tapi dengan segala usaha dan doa tentunya😀 akhirnya semua terwujud juga. Dan disinilah kita berada: trip to halong bay cruise. Di hari kedua kita ada di hanoi.

Mulai berangkat tgl 21 malem, jam 10 dari jakarta, bareng juwi. Sampe di sg jam 1240 dijemput baby by taksi trus lgs dinner di enak-enak, makan maggie goreng with egg dan minum ginger milk. Sampe di flat baby jam 2, tidur jam 230.

Enak-Enak Singapore: Maggie goreng & Ginger milk =P~

Paginya jam 7 sdh hrs berangkat lg ke airport. Naik MRT 2x dengan bawaan berat, lumayan jg. Sempet ketemu ibu2 bawel yg nanya2 soal jalan ke mall di expo. Beneran bawel banget hahaha..

Di airport setelah check-in, baru cari sarapan: toast & egg with milo di killiney. Yah plg nggak ngeganjel perut mayan lah. Ternyata gak lama boarding (ontime) gak sempet mampir2 or liat2 lagi deh.

Dapet duduk plg belakang deket toilet lg. Halah. But its ok, we’re gonna sleep anyway. Karena jam tidur yg cm 3 jam kurang dong. Flight ke hanoi makan waktu 3 jam lebih, jd manfaatin buat nambah jam tidur hehehe..

Sampe di hanoi jam 1 dijemput sm org hotel dan lgs dianter. Sepanjang jalan tu supir sering banget bunyiin klakson sampe kita julukin mr. Hornett wkwkwk.. Tp gak satupun dari kita yg berani ngajak ngomong, abis tampangnya jutek (padahal masih muda juga). Tp memang ternyata disini semua pengendara suka2 dan klakson itu wajar aja. Lebih parah drpd jakarta deh😀

Our hotel: Camel City in Old Quarter Ha Noi

Sampe depan gang hotel, kita disambut oleh kru hotel yg ngebantuin ngangkat tas2 kita. Hotelnya kecil dan kamar kita ada di lantai 4, naik tangga!😛 mayan olahraga. Tapi kamarnya lumayan bagus dan bersih, dengan harga us$30 semalam plus breakfast sih layak banget.

Kamar Camel City Hotel

Setelah naro barang dan bersih2, kita keluar lagi cari makan donggg, laper gila!🙂 dapet lah tempat makan yg ruame buanget sampe duduk aja sharing sama yang lain.. tapi memang makanannya enak dan porsinya besaaaarrrr… gak nyangka sebanyak itu juga sih, jadi gak abis deh😦

Porsinya besar benerrr...

Setelah kenyang, baru deh tenang menyusuri danau dideket situ.. Anginnya kenceng dan dingin bener.. Mana perut bermasalah lg. Muterin danau sekali, sempet lihat dan foto2 di jembatan yg mau ke kuil ditengah danau. Setelah muter, mampir ke water puppet show jam 5. Terus terang terlalu berharap banyak, ngambil VIP pula wkwkwk.. Ternyata didalem banyakan ngantuknya heheheh..

Hoan Kiem Lake

Akhirnya back to hotel untuk istirahat. Semua ditempuh dgn jalan kaki soalnya. Jadi mayan capek. Tapi memang sekitar hotel kita itu tempat turis, jd kemana2 deket. Mirip2 malioboro kalo di yogya lah. Penginapan2 kecil banyak tersebar di gang2. Tp parahnya disini lalu lintas bener2 cuek. Setiap jalan kayaknya bole2 aja dimasukin, mo muter, mo parkir, mo sambil ngerokok, sambil sms, gak ada yg ngelarang (polisi gak ada heheh). Dan satu yg khas, bunyi klakson yg bersaut2an wkwkwk..😛

Jajanan malam di jalan-jalan Ha Noi

Setelah bersih2, kita keluar lagi jam 8 dgn rencana cari live music pub/bar tp ternyata susah. Banyaknya malah bar2 kecil buat minum aja.. Padahal kita carinya sih musiknya, kalo minum plg coca cola “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ nemu sih live music beneran alias pengamen yg sengaja ngendon didepan tempat nongkrong yg ruame bener dgn speaker2 gedenya hahaha.. Dan akhirnya kita malah nyobain barbeque dipinggir jalan, ayam plus sayur2 plus bumbu garam jeruk nipis dan cabe. Enak jg ternyata! Dari situ kita jalan lg dan nemu tempat minum jus, nongkrong disitu cukup lama sambil ngobrol. Dari situ balik ke hotel jam 930.

gaya nongkrong favorit di Ha Noi

Tidur cukup nyenyak sampe jam 530 bangun dan lgs nature call😛 emang lg bermasalah dari kemarin jd msh perlu mondar mandir ke toilet. Sekalian mandi, cuci rambut krn waktunya toh cukup buat ngeringin setelah seharian kemarin bad mood krn keknya bad hair day, krn keburu2 pergi ke airport gak sempet ngeringin rambut wkwkw😛

Breakfast jam 7 dikasih roti keras yg guede, plus telor yg katanya sih omelet, tp tawar benerrr, plus sekotak kecil mentega. Minumnya teh celup yg krn kelamaan direndem jd pahit hihihi, mayan buat ngilangin kolesterol lah😛 abis sarapan, lagi seru2nya ngobrol eh tour guide ke halong bay dtg, dan krn kita msh kudu cek out, akhirnya dia jemput yg lain dulu.

Setelah cek-out dgn share kita masing2 us$90 lengkap biaya hotel sampai hari minggu, trip halong bay dan ongkos taksi airport. Tinggal duit jajan dan oleh2 aja yg belum jadinya. Mayan kan?😉

Berangkat ke halong bay, naik mini bus isi 25 org, semua bule, semua msh dibawah 30 kayaknya.. Halah! Tapi mayan, mata jd seger wkwkwk.. Ah tp selama perjalanan 3 jam justru kita banyakan tidurnya sih..

Bus ke Halong Bay

Sampe halong bay, masyaAllah dinginnyaaaaaa.. Angin kenceng dan dingin terus2an bertiup, terpaksa pake sweater (yg padahal dipake jadi baju jg di hari pertama) plus syal dileher drpd beku. Tau gitu bawa jaket tebel, kirain krn bay gitu jd panas, ternyata salah besar hehehe.. Setelah registrasi, msh hrs nunggu ditengah terpaan angin dingin yg bener2 bikin beku. Ternyata ada larangan melaut, jd rombongan turis menumpuk dipelabuhan, semua nunggu dgn penuh harap kalo cuaca segera membaik. Tapi ternyata tunggu punya tunggu, cuaca gak juga membaik huhuhuhu.. Dan akhirnya diputuskan batal melayar huaaaaaa :((

Rombongan kita (semua bule) terutama ce2nya protes berat ke tour guidenya (toa/tony) minta total refund. Padahal sih bukan salah agent jg kan kalo cuaca jd spt itu. Karena bus yg nganter kita jg udah back to hanoi sedari tadi, jd kitapun terpaksa nunggu. Tony nawarin makan siang di resto deket situ. Tapi sekali lagi rombongan menolak dgn alasan nanti hal itu bs dipake buat motong duit refund, duh hitung2an benerrr… Tp krn gak enak, ya kita ngikut aja. Sementara nunggu, krn laper akhirnya tetep cari makan di resto sekitar. Ternyata gak mahal2 amat jg kok. Makan fried instant noodle with beef plus hot tea, cm vnd 50rb. Abis makan back to meeting point.

Banyak jg rombongan lain yg makan siang disitu sambil nunggu. Termasuk ada satu co bule dgn rambut berjambul asoy wkwwk.. Dah gitu kostumnya jg gak cocok sama situasi alias dia pake jas (pls deh). Dgn gelinya baby nunjukkin ke kita2 dan juwipun berhasil moto dia ketika dia duduk disebelah baby, dgn pura2 moto gue dan baby hahahah…

Silakan dikomentari deh heheheh😀

 

Tony msh mondar mandir telp sana sini, ngeberesin masalah refund. Kita ber3 sih malah mikir gmn kalo besoknya aja kita ambil 1 day trip, dan ternyata Tony jg menyambut ide itu dgn mengusulkan bermalam di hotel deket situ aja, jd gak buang waktu, semua gratis, tp gak ada refund. Its ok lah! Deal akhirnya. Kebetulan saat itu ada bus yg sudah akan berangkat ke hotel deket situ, dan ada space 3 seat (pas amat ya hehehe). Dan diungsikanlah kita ke rombongan bus tersebut dgn tour guide yg lain lagi, kali ini bernama benjamin🙂 bye bye old friends yg msh menanti jemputan back to hanoi😀

Sepertinya rombongan baru ini lebih asik. Karena mrk sih enjoy aja, diubah jadwalnya noprobs, jd terpaksa nginep dihotel deket situ untuk besok br berlayarnya. And guess what? Kita satu rombongan dgn si jambul asoy wkwkwkwk… Kualat keknya hihihii…

Hotel yg ternyata ada di pulau Tuan Chau, adalah semacam pulau resort yg msh dlm pembangunan, keknya kalo jadi pasti tu pulau lengkap deh. Hotel baru namanya Atlantic yg lebih ok ketimbang hotel kita di hanoi. Plus fasilitas diluar hotel, krn memang pulau resort ya, jadi ada salon spa, karaoke, tempat hiburan spt dufan plus atraksi2 dolphin dll, pantai yg keren.. Yah lumayan sbg pengganti gak jadi bermalam dikapal🙂

Kamar Atlantic Hotel

Setelah bersih2, kita lgs turun lg untuk explore pulau itu. Memang banyak yg msh under construction sih, cm lebih kedalam ternyata banyak hotel/resort, spa & salon, karaoke, taman hiburan termasuk atraksi2 hewan spt di ancol/dufan gitu, walo skalanya beda.. Kita jg mampir ke pantai putihnya, bagusss.. Sayang aja angin dinginnya gak ketulungan, jd kita jg gak tahan lama2, apalagi maen airnya, noway jose hehehe.. Di pantai ketemu lg sama temen2nya baby, yg memang pas berangkat jg satu pesawat, dan juga bernasib sama terdampar di pulau itu jg hahahah emang jodoh😛

Pantai Pulau Tuan Chau

Balik ke hotel lagi krn ada makan malam, jd pengennya sih mandi dulu sebelumnya. Sapa tau semeja sama yg ganteng2 wkwkwkwk.. Dan emang bener pemirsa! Kita semeja dengan si jambul! Hahahahha.. Ternyata dia kesitu dgn adik dan bapaknya. Tp justru kita ngobrol sama adiknya, krn si adik lebih baik dan perhatian sedang si jambul sptnya lebih cuek… Ternyata mrk asalnya dari denmark dan memang lg tinggal di saigon, jd kesitu krn liburan aja…

Selesai makan, kita masih penasaran.. Jd kembali menyusuri jalan2 mengitari pulau diwaktu malam… Kali ini fokus ke pesisir pantai, melewati belakang resort yg ternyata lebih bagus dibanding depannya… Sekali lagi, semakin malam, angin semakin dingin dan menerpa semakin kencang pula.. Akhirnya kembali ke hotel jam 930.. Lgs bersih2 dan konsen untuk sosialisasi via dunia maya sebelum tidur hehehe..

Besoknya, pagi2 kita sudah ditunggu sarapan jam 7, krn rencana brangkat 730 ke dermaga untuk berlayar.. Alhamdulillah cuaca cukup bersahabat, meski masih berkabut, tp angin tidak segalak kemarin.. Berangkat dr hotel jam 830 kayaknya, telat dr jadwal krn banyak nunggunya…

Sampe dermaga kirain udah tinggal masuk kapal gitu, eh kudu registrasi lagi.. Tp disitu si juwi dgn lihainya mengintip isian umur si jambul dan adiknya yg ternyata berusia 26 dan 23 thn “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ masih anak2 semua hhh… Setelah antri cukup lama, dgn diselak sana sini oleh rombongan lain juga, akhirnya kapal kita berhasil merapat dan kita semua bs masuk.. Horeeee.. Akhirnya😀

Pertama masuk, yg kita pilih meja, krn disitu susunan meja spt resto gitu.. Saling berhadap2an di dua sisi kanan kiri kapal. Setelah dpt posisi wuenak, kita lgs ke anjungan dan naik kebagian atas kapal yg memang disediain buat menikmati pemandangan laut lepas.. Dan memang gak kebayang seandainya kita nekat berlayar kemarin pas angin lg ngamuk, wuih kek apa rasanya ya? Beku kali hehehe.. Krn berdiri disitu saat itu aja, dengan angin semilir, udah brasa dingin banget. Tp view yg ada membayar semuanya. Walau masih sedikit berkabut, tp kita msh bs menikmatinya.

On the junk boat to floating village

Perjalanan pertama ke floating village, disitu ketemu rintintin hihihi, jinak banget anjingnya! Trus kita kayak berdua berdua, untung ada bpk bule yg mau bantu spy kita semua bs kayak, krn gak boleh kayak sendirian.. Gue ma juwi, baby ma bpk itu (gak sempet nanya2 nama jg sih), tdnya sempet baby mo kayak sendiri, tp dilarang sm yg punya..

Tadinya gue jg rada parno jg sih kayak tanpa guide, tp ternyata pas dijalanin.. Wow! Asik bangetttt.. Keliling2 menyusuri deretan tebing2 dan karang2 yg cantik. Teknik kayak sptnya mudah jg.. Asal kita jgn terlalu kenceng aja sih.. Santai aja.. Dan kita selalu kompak jg sih ngedayungnya.. Selalu kasih aba2 hehhe.. Serasa lomba dayung aja deh wkwkwk.. Cm emang berasa pegel ditangan, krn cm ngandelin tangan spy perahu bs bergerak..

Kayaking at Halong Bay

Lumayan rame jg yg menikmati tebing dan karang dgn naik perahu dayung, tp banyakan yg didayungin sama penduduk lokal alias perahunya yg cukup besar untuk sekitar 10 org. Pada males aja tuh dayung sendiri pake kayak kek kita hehehe.. Dan sebel tp jg seneng ketika mrk banyak yg say hi bahkan moto2 kita yg lagi kayak, serasa barang antik jd tontonan deh ah wkwkwk

Selesai kayak, kita mengitari floating village yg juga banyak menjual baik ikan, udang, sotong, cumi maupun buah2 segar.. Seharusnya sih ketika kita sampai tadi, kita denger apa yg disampein guide, tp td kita malah sibuk mo langsung kayak heheh.. Jd cerita ttg floating village cm segini aja🙂

Dari situ kita kembali ke kapal dan tujuan berikutnya adalah gua Dong Thien Cung yg terkenal karena banyaknya stalagtit dan stalagmitnya. Sampai di gua, kita mendaki bukit terlebih dulu krn pintu masuk gua ada diatas bukit. Ternyata dalam gua sudah dipercantik dgn lampu berwarna warni jadi kesannya lagi di pasar malam aja deh. Kesan gua nya didapat hanya krn tingginya langit2 yg dipenuhi stalagtit. Beberapa diberi lampu sedemikian rupa sehingga menyerupai binatang2 atau bentuk2 tertentu seperti naga, kura2, wanita cantik dan ada aja deh yg aneh2. Padahal rata2 lebih mirip ubur2 raksasa hahahah..

Dong Thien Cung Cave

Keluar dari gua ada souvenir shop, disitu meeting point kita dan sempet stuck krn main tunggu2an. Ternyata si mas guide udah ada dibawah deket kapal. Kapan lewatnya ya tu anak? Wkwkwk.. Ya udah, gue paling dulu turun deh, abis dah laper wwkkwkw..

Sampe di kapal sudah tersedia makan siang yg uenak: udang goreng, tahu bumbu, ikan bakar kecap, otak2 goreng (mirip, gak tau namanya sih heheh), ayam goreng, sayur2an.. Komplit deh plus buah2an.. Yg semeja ma kita kali ini pasangan muda dari ? Si cowok nanya2 mulu soal makanan, gmn makannya, apa boleh dimakan dlsb, sedangkan si cewek ngobrol2 soal perjalanannya yg memang dia rencanain sekalian cari kerja ditempat yg dia kunjungi (mrk keliling gitu sih)… Sempet kepikir gmn rasanya ya kalo gue jg spt mrk? Hmm beranikah?

Sambil makan, kapal perlahan bertolak kembali ke dermaga untuk mengantar kita balik sekaligus tukar kapal buat mereka yg memang rencana bermalam di kapal (yg seharusnya ngambil paket 3d2n). Sayangnya kita ber3 cm ambil 2d1n jd saat itu kita udah musti balik hiks!

Sampe dermaga setelah say goodbye sama yg akan pindah kapal, kita yg harus back to hanoi ngumpul lagi untuk nunggu bus. Dan kali ini, lagi2 kita ber3 dipisahin busnya dari yg lain hahah.. Nasib nasib deh ah, bener2 bolang kalo kek gini mah wkwkwk..

Kali ini kita ikut rombongan yg banyakan amerika latin kayaknya.. Lebih cuek penampilan dan gayanya. Cm karena kita emang sekedar numpang, dpt duduk paling belakang pula, jd ya gak ngobrol2 dgn mrk. Sepanjang jalan jg banyakan tidurnya sih.. Dan pastinya ditengah2 perjalanan, selalu berhenti ditempat toko souvenir dan makanan yg sama. Disitu ketemu jg sama rombongan yg satu kapal tadi. Ada satu turis jepang yg selalu ceria dan talkative, dia dgn hebohnya ngetawain kita “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ dan mrk ngeledek, wave their hands saying goodbye ketika bus mrk pergi lebih dulu dari rest area itu..

Sampe di hanoi, emang nasib penumpang gelap, kita jg dianter plg buntut.. And we didn’t even bother to ask the guide’s name, let alone the tip heheheh.. Turun di perempatan, msh hrs jalan kaki lagi eh malah nyasar menjauhi hotel *gubrak!

Akhirnya sampai di hotel jg sekitar jam 4, disambut dgn baik (sempet parno krn kita udah bener2 lunasin kemarin itu) dan lgs menuju lantai 4, istirahat sebentar, mandi dan bersih2, lanjut jalan lagi.. Kali ini krn malam minggu, ada night market di sepanjang ruas jalan yg untungnya gak jauh dari hotel. Tapi krn msh sore, kita masih keliling2 cari makan, yg ternyata setelah keliling2 sampe pegel, ternyata dapetnya deket hotel juga, aduh! Chicken noodle pho pinggir jalan diseberang tempat nongkrong dingklik yg rame.. Sebenernya tempat kita makan jg siangnya berdingklik, tp kl malem ganti dgn kursi beneran, padahal kita lebih pengen dingklikan tuhh.. Unik aja kayaknya..😀

Chicken Noodle Pho

Mulailah proses order makan gaya tarzan, krn mas pelayan gak ngerti bhs inggris. Untungnya ada menu, cm bbrp customize jd agak susah, spt hot & cold, yg akhirnya jd salah, pesen hot dtg cold jg wkwkkw.. Yasudlah, yg penting minum juga. Pas makanan datang, pengen minta tambah piring kecil buat sambel aja susah banget. Ada piring kecil isi jeruk limau, ditunjuk kesitu malah dikira minta tambahan jeruk. Jeruknya disingkirin, tinggal piringnya aja ditunjukkin plus kode tambah 1, akhirnya yg muncul malah sepiring bawang wkwkwk, ribet bener deh ah…

Setelah kekenyangan, kita balik lagi ke night market. Cari2 barang2 unik untuk oleh2 yg cukup imut dan mudah disimpen, krn terbatasnya bagasi kabin. Ternyata jalan yg digunakan cukup panjang sampe nyeberangin beberapa kali perempatan jalan.

Setelah muterin semuanya, yg anehnya tanpa merasa pegel2 sama sekali, baby ngajak ke hardrock krn mo hunting shortglassnya. Nanya2 bbrp org katanya gak jauh, tapi ternyata salah paham lg kayaknya. Karena kita cari2 jg gak ada. Nanya2 lagi ternyata katanya plg nggak naik taksi, nyetop taksi, supirnya ditanya jg gak tau. Eh loh, aneh amat. Kok jd pd gak tau gini ya? Jgn2 hardrock gak ada di hanoi? Saat itu udah jam 9 lewat. Kebetulan dekat situ jg ada kantor free tourist info, yg walaupun udah siap2 tutup, tp msh ada yg bs ditanya. Ternyata hardrock memang ada, tapi jauh dari situ. Jd kita putuskan gak jadi ke hardrock deh..

Akhirnya kita kembali muter2 sekitar situ aja. Beli buah2 yg banyak dijual disana, ntah namanya apa. Foto2 suasana malam dekat danau, ternyata lokasi night market berujung di dekat danau (lagi). Dan akhirnya menyusuri jalan2 kecil yg ramai oleh bule2 yg nongkrong di pinggir2 warung lengkap dengan dingklik2nya hahahha.. Dan kitapun maksa, minta dingklik tambahan dan nyari space buat bs duduk. Walaupun udah bener2 abis tu space, maksa jg hampir ke badan jalan, jadi minum coke, ngobrol dan sambil khawatir keserempet mobil or motor yg lewat hahahha, demi deh.

Persimpangan di waktu malam...

Gak lama sih tahannya, selain krn lokasi duduk yg kurang ok, ditambah angin malam yg semakin dingin, bikin khawatir bakal masuk angin. Kitapun beranjak pergi dan kembali menyusuri jalan menuju hotel. Sampe di hotelpun sekitar jam 10 lgs bersih2 dan sebelum tidur gak lupa bersosialisasi via dunia maya, thankGod ada wifi di hotel itu heheh…

Besok paginya, rencana kunjungan di hari terakhir adalah mausoleum Ho Chi Minh. Pagi itu kita putusin cari sarapan diluar. Berangkat jam 730 langsung naik taksi yg memang kebetulan ngetem deket hotel, berbekal tulisan berbahasa vietnam yg sengaja kita minta dari petugas hotel, kita berangkat ke mausoleum.

Sampe mausoleum, lokasinya diapit ke empat sisinya oleh jalan raya. Si taksi menurunkan kita didepan gerbangnya. Tp ternyata antriannya panjangggg bener, bukan hanya mengular, bisa dibilang menaga kali ye “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ . Dari gerbang kita terpaksa mencari ujung antrian sampe mengitari area mausoleum dan akhirnya nyerah, maksa nyelak diantara barisan pelajar smp/sma gitu. Gak sadar betapa mencoloknya kita bertiga dgn kaos berwarna cerah diantara pelajar2 yg berkemeja putih hahahah. Sampe si guru yg juga berkemeja putih sempet tertegun ngeliat kita hihihi, tp akhirnya kita dibantu untuk maju ke depan barisan mrk. Mereka juga berusaha ramah dan komunikatif, walo malu2 krn gak bs bhs inggris.

Antri masuk ke mausoleum

Sampe masuk area mausoleum, setelah penitipan kamera dan semua alat komunikasi, antrian masih panjang. Kepikir ini ujungnya ada dimanakah? Sampai dilapangan terbuka dihalaman bangunan mausoleum, ternyata memang dengan antrian tersebutlah kita memasuki mausoleum dan melihat jasad Ho Chi Minh sambil tetap berjalan. Jadi gak bisa lama2 di dalam, ditambah lagi penjagaan yg ketat dimana2. Bisik2 aja dilarang. Minggir sedikit ditegor. Jadi setelah beberapa menit kita sudah berada diluar lagi. Setelah ambil kamera dll, penasaran kita balik lagi ke seberang lapangan mausoleum untuk bs mengabadikannya walau dari jauh.

Ho Chi Minh Mausoleum

Selesai dari situ, baru deh urusan perut. Kembali muterin lokasi mausoleum buat nyari tempat sarapan. Ada ternyata disebelah persis, semacam kafe kecil. Pesenlah vietnam coffe (penasaran kek apa sih, dan ternyata enak!) dan tuna sandwich (yg ternyata gagal krn gak dicatet huh!). Akhirnya cm keisi kopi doang, untung msh pake susu jd mayan deh hiks. Abis sarapan sekitar jam 930 kita back to hotel by taxi.

Check out jam 10an dan kita masih diantar sampe mobil pengantar, go to the airport (dah lunas juga hehehe). Hotel Camel City cukup bagus deh, kita rekomendasiin jg ke temen2 yg kebetulan ternyata banyak jg yg berniat ke vietnam ditahun ini. Yah rekomendasi untuk backpackers lah heheh..

Sampai di airport jam 11an, msh ada waktu sebelum boarding jam 12. Setelah naik turun maju mundur nyari2 loket buat check in jetstar, akhirnya nemu justru dititik awal kita masuk (loket 1). Memang pas kita masuk loket belum buka sih… Setelah check in, baru tenang cari sarapan (lagi, yaiyalah, yg td kan gak aci, kudu diulang :-P) akhirnya makan burger plus orange juice, cukup lah😀

Bye bye Ha Noi...

Setelah sarapan eh apa makan siang ya?, baru kita boarding. Disitu ketemu lagi rombongan temen2nya baby (lagi), mrk kompak bener pake kaos Tintin in Vietnam semua (dan gue jg pake itu! Untung msh pake sweater jd gak kliatan hihihi). Sempet nyesel sih kenapa kita gak punya ide yg sama yaa, padahal cm ber3 doang hiks. Di dalem, nunggu gak lama, langsung masuk pesawat. Tp ternyata didalem pesawatnya yg lamaaaaa.. Ini mah sama aja delay kalik hhh.. Jam 1 baru take off, akhirnya..

3 jam diatas awan, tidur bangun ngobrol tidur bangun ngobrol sampai akhirnya landing di Changi jam 5. Krn lanjut dgn lion jam 8, kita hrs check in dulu dong. Dan ternyata antrinya puanjannngg.. Yahhh gak bakalan sempet makan bareng lagi deh spt rencana kita sebelum pisah dgn baby. Itu aja sampe akhirnya kita diduluin krn pesawat udah siap. Terpaksa say goodbye ma baby, langsung kita setelah check in, masuk untuk boarding.

Walo dibilang mepet, kita masih sempetin belanja buat oleh2 dong😉 juwi beli parfum, sdg gue cukup beli sekarung coklat wkwkkw..

Krn perut msh keroncongan, sisa waktu yg ada, walo mepet, sekitar 30 menit sptnya masih bs untuk makan dulu. Sayangnya waktu sempet terbuang saat kita dah sampe pintu boarding baru sadar kalo didalem gak ada resto! Hahahah dasar oneng😛, akhirnya balik lg, sekitar 10 menit ada tuh bolak balik. Makan di resto terdekat, delifrance, pesen delipotato & hot chocolate yg ternyata bener2 hot halah! Makin lama aja nih ngabisinnya hahaha..

Terburu2 makan dan minum hanya 10 menit, selesai pas tepat jam boarding kita lari2 untuk boarding. Itu juga minuman masih kita bawa2 krn msh panas. Karena pintu boarding paling ujung, jadi cukup jauh juga. Pas deket, udah kedengeran nama kita berdua dipanggil2 krn ditunggu boarding “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ maap yah, abis laper :”>

Tapi didalem juga ternyata masih nunggu lagi.. Huw sayang deh minuman yg gak abis tadi😛 tapi akhirnya masuk pesawat juga.. Kali ini tumben jg kita dapet duduk dibarisan depan, biasanya buntut mulu.. Dan kayaknya sepanjang jalan banyakan ngobrolnya, sampe co sebelah ngeluarin earphone wkwkwk…

Landing di soetta sekitar jam 930, tapi jauh dr terminal. Jd naik bus lagi dan lumayan lama pula… Tapi akhirnya sampelah di terminal. Gabung lg sama juwi yg sempet terpisah di bus. Dan akhirnya kita bener2 berpisah diluar terminal, say goodbye untuk bisa ketemu lagi di trip berikutnya. Juwi bertaksi ria, sdg gue nunggu jemputan.

Sekian cerita trip kali ini. Memang lumayan panjang, tp intinya menyenangkan walo perut msh jd masalah utama hehehe.. Rencana jalan2 kita berikutnya spt yg udah kita obrolin dalam pesawat, adalah pulau Komodo. Semoga bisa terlaksana juga nanti. Aminnnnnnnn🙂

Hahahaha.. What a closing :P~

~ by morningd3w on April 4, 2012.

5 Responses to “welcome to Ha Noi”

  1. Narsiss abiisssss

  2. haiii salam kenal… boleh tanya, tur ke halong bay dengan agen apa? seru nih ceritanya terinspirasi buat perjalananku 2 bulan lagi🙂
    makasi yaaaa

  3. Mau tanya mbak taxi yg di rekomendasi di Hanoi apa ya,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: