petualangan si bolang, boleng dan bolong

pagi ini bangun subuh padahal semalem abis birthday party sampe terpaksa tidur pagi. udah ngancem bakal tidur dikereta. tapi belum-belum, perjalanan menuju stasiun aja udah sport jantung😮

dari rumah jam 6 lewat, isi bensin, trus jemput temen2 di jalan baru, baru deh jam 640 menuju stasiun. dah masuk tol eh ternyata pamer paha, akhirnya keluar tmii lewat kramat jati. perjuangan menuju stasiun jatinegara lewat kebon nanas diwarnai tanda2 kesialan, alias yang pasti macet, kena lampu merah melulu lah, ada kecelakaan lah, untung supir sabar heheh.. sampe siap2 mo ngojek saking mepetnya. tapi setelah lewat kebon nanas, kira2 10 menit sebelum jadwal kereta, jalanan lumayan lancar. sampe juga pas 5 menit sebelum kereta dateng, untung keretanya rada telat *fiuh

mulai mencari tempat duduk, sayangnya si bolong dapet tempat misah jauh di gerbong lain, akhirnya setelah perjalanan 1 jam setelah ibu2 didepan pindah duduk, barulah bolong bs gabung lagi😛

niat tidur sptnya gagal terlaksana, krn selain seru ngobrol jg berisik dan panasss hahaha.. Baru deh ngerasain panasnya kereta bisnis tak ber-ac, tp emang itu yg dicari, berpetualang mencari hal yg tidak biasa😀

sekarang sudah jam 230, sebentar lg sampailah di semarang, setelah 2x makan dan 2x jajan😛 dan setelah 2x berhasil merem (paling setengah jam). rasanya udah pengen nyebur ke kolam renang aja hahaa.. sabar sabar.. bentar lg sampe nih. walo msh di smg, plg nggak bs meluruskan badan, makan malam dan lanjut naik travel yg pastinya adem😛

oh ya, tiket kereta pulangpun sudah dibooking. untung ada 021121, online booking tiket kereta api. tadinya sempet khawatir bakal keabisan tiket lg. kita akan pulang tgl 25 malam, pengen coba tidur dikereta😛

sampe stasiun smg mo coba bayar tiket via atm malah gak ada atm mandiri. yasud. setelah bersih2 di toilet stasiun yg cukup bersih, kita nunggu temen yg mo nganterin kita di smg.

pertama2 nyobain eskrim toko kue Oen di jalan pemuda. ternyata enak heheh plus nyobain poffertjes dan risol dan kroketnya. dari situ baru ke atm dan ternyata bookingan kita dah expired. terpaksa nunggu lg krn booking ulang. akhirnya selesai jg urusan tiket, tinggal besok kita tuker tiket di yogya aja.

setelah itu ke travel TIC, eh keabisan tiket lg. duh! eh diluar travel ada yg nawarin travel lain dgn harga yg cukup mahal dibanding TIC yg cm 45rb. tp karena dijemput jam 5 dan dianter sampe tujuan, yowis, ok ajalah.

elf dtg jam 5 lewat sedikit, eh gak taunya dia kudu ngambil barang dulu, akhirnya brangkatnya jam 6 jg. dah gitu katanya dia hrs lewat utara krn musti nganter brg urgent yg lewat utara. masuk tol, baru jg masuk, udah macet sampe keliatan antrian mengular, hadoh! makin gak jelas sampe jam brapa ntar di malioboro neh zzzz…

sempet tidur bentar eh udah dicolek temen yg blg supirnya ngantuk. Gue bangunin aja tu supir dan blg kalo ngantuk mending istirahat dulu aja drpd bahaya. tapi ternyata udah mo exit tol ungaran. ini tol baru jg ternyata, jd sempet pas keluar tol si supir nanya arah, halah. tapi setelah jelas, untungnya jalanan lumayan lancar dibanding jalur sebaliknya ya. mudah2an aja msh sampe dibawah jam 12 deh.

spy gak ngantuk gue pasang aja musik kenceng2 dari hape, sambil ngobrol2. sampe skr dah lewat ambarawa. tapi blm sampe jg ke tempat drop-an barang ini. kira2 brapa lama lagi ya???

akhirnya sampe juga di malioboro jam 10, itu jg diturunin depan stasiun tugu. jalan kaki ke hotel, untung gak jauh.. sepanjang jalan menuju hotel banyak tawaran becak, delman dlsb. tapi nggak ah, wong deket kok. sampe hotel lgs mandiiii.. seger rasanya setelah seharian lengket dijalan hhh..

jam 11 dijemput temen yg kebetulan jg lg pulkam. langsung menuju house of raminten di fm noto. ternyata antri! bused, kirain deretan kursi penuh org didepan tipi pd nobar apa gitu, gak taunya mrk antri bowk! setelah dapet tempat baru deh nyobain bakso, sego kucing, minum wedang sambil ngobrol. jam 00:30 baru pulang sambil keliling2 ke alun2 utara yang ternyata banyak sepeda2 hias yg bisa disewain rame2. lucu juga…

besoknya janjian sama org kantor ygy di stasiun tugu, krn kita jg mo tuker tiket pulang, biar tenang gitu loh! setelah dapet tiket baru deh kita mulai jalan. setelah diskusi dgn yg punya kota, akhirnya diputuskan tujuan pertama adalah wisata candi yaitu prambanan.

sampe lokasi prambanan, ada pasarnya ternyata, jual macem2, baju, batik, kaos, tas, topi, souvenir2, oleh2 dll deh. langsung deh cari2 tas (karena tas kecil udah mo putus), topi, ada juga baju, hahaha belum jg masuk tempat wisata pertama udah belanja aja😛

ternyata prambanan ada paket brg ke candi boko. yaudah ambil paket deh.
muter2, turun naik, loncat2 di candi2 prambanan dan tentunya gak ketinggalan sesi narsisnya dong!😛 komplit deh, panas terik, banyak gerak, bener2 menguras keringat hehehe.. keluar dari prambanan lgs nyerbu es kelapa.. segernyaaa.. eh ngintip tetangga sebelah sptnya sambelnya uenak tenan, jd mesen bakso jg deh haha.. saat itu udah jam 11an jg sih, jd sekalian aja ngisi perut yg mulai krucuk2😀

selesai istirahat lanjut ke lokasi candi ratu boko yg letaknya diatas prambanan, jauh keatas, sampai terlihat prambanan jauh dibawah. tapi di boko cm sampe gerbang candinya aja, abis naiknya mayan, kaki dah pegel, cuaca msh panas terik pula jd ya plg nggak udah sampe lah ke ratu boko hehehe

dari situ kita mau lanjut ke pantai, tp karena boleng dan bolong blm pernah ke kantor ygy, kita sempetin mampir sambil sholat dan tentunya foto2 dong😉 karena blm maksi dan saat itu sudah hampir jam 3, kita jg mampir di soto ayam pak min yg deket kantor. dari situ baru deh lanjut ke pantai.

sampai dipantai sekitar jam 430, ganti kostum langsung deh maen air dan foto2 (lagi) sambil sewa tikar dan makan somay dan ngewedang.. nunggu sunset yg sudah hampir jadi. setelah dapet, sekitar jam 6 kita pulang ke hotel.

setelah mandi dan istirahat, sekitar jam 830 kita dijemput lg untuk lanjut makan malem di angkringan kopi joss yg unik. kopi dicampur arang membara bisa jadi obat juga ternyata. sambil makan sego kucing seadanya. mayan irit emang kalo soal makan di jogja😀

lanjut kita nyanyi2 di happy puppy, di jogjatronik. satu jam aja teriak2 sambil ngemil dan joged2😛 mayan menghibur. sekitar jam 11 kita melaju ke alun2 yg semalam sdh kita survey. sewa sepeda lampu hias, untung gak kedapetan genjot😛 mayan pegel muter satu keliling😛 trus nyobain lewatin jalur antara 2 pohon beringin ditengah alun2 dgn mata tertutup. kapok deh nganggep enteng, main2. eh tapi pas serius jg tetep aja muter ditempat. malu deh hahaha…

setelah puas sekitar jam 00:30 baru deh kembali ke hotel, istirahat.. hhh.. pegelnya.. capeknya.. ngantuknya.. zzz…

paginya, pas hari natal di hari minggu, ternyata hujan! weleh, gmn mo sepedaan? mo jalan pagi? yg ada nerusin tidur hahaha.. sampe jam 7 br siap2 jam 9 br keluar, hujan dah brenti tp mendung msh nggantung gelap. krn harus cekot, dan emoh keliling bawa2 gembolan, kita jg nitip barang dihotel sampai sorenya bakal kita ambil. keluar, langsung aja naik becak, 2 becak pastinya, kasian kalo cm 1, bisa2 becaknya gak sanggup maju hihihi..

kali ini kita menuju keraton, tp awan gelap sudah menggantung dekat. bener aja, pas kita masuk ke keraton, ujan lgs deres, untung dibawah pendopo lebar depan keraton jd bs neduh rame2 sm org2 yg jg lg berkunjung. setelah ujan agak reda, menembus gerimis kita lanjut keliling keraton, sayang gak bs semua ter-explore krn waktu dan jg cuaca yg gak mendukung.

dari keraton kita tadinya mo jalan aja ke jln ngampilan dimana banyak toko oleh2 termasuk bakpia srikandi yg katanya enak. tp baru melangkah sedikit gerimis udah mulai gede, akhirnya lagi2 naik becak deh. sempet kesel jg sama tukang becak yg maksa ngebawa kita ke toko sebelah dan maksa kita belanja disitu. La wong kita mo ke srikandi kok bukan kesitu. kita hengkang aja dr situ jalan ke srikandi yg untungnya gak jauh. ternyata tukang2 becak itu nungguin, tp kita cuekin hehehe

setelah puas belanja disitu dgn membawa dus2 oleh2 kita berusaha jalan lagi ke tujuan berikutnya yaitu batik mirota di malioboro. tp kok menderita amat ya, bawa2 dus berat, jalan kaki ditengah gerimis😛 akhirnya gak jauh ada warung gudeg plengkung yg unik, mampir aja deh, kebetulan udah jam 12 jg jd sekalian maksi.

selesai makan, cari becak susah ternyata. banyak becak ternyata lagi pd nungguin penumpangnya. tp setelah minta tolong cariin becak, dapet lg deh 2, berangkat ke mirota deh. tapi sampe mirota, mungkin emang lg sial aja ya😛, mirota tutup! duh lengkap deh, terdampar disitu, yg tadinya berharap bs belanja pake gesek😛 akhirnya terpaksa jalan lagi cari atm krn terpaksa belanja dipasar yg pastinya kudu tunai😛

dapet duit, baru deh coba cari2 batik disekitar, tp kok ribet ya. untungnya gak jauh jalan ada toko batik mayan gede: margaria, nahhh, bs nitip belanjaan, bs gesek, bs ngadem, bs milih2 dgn bebas. cocok! ya akhirnya menghabiskan waktu aja disitu sampe jam 3an. dapet deh semua oleh2. keluar dr situ cari becak lg hehehe.. buat balik hotel ngambil brg dan akhirnya setelah ditimbang2 mo shortime aja sampe pas waktu brangkat ke stasiun buat pulang.

sampe hotel, ternyata tidak ada tarif shortime. tp setelah dibujuk2 akhirnya boleh jg ngambil kamar sampe jam 7 dgn harga spesial😉 uggghh rasanya spt lepas dr beban bisa selonjoran, bisa ngelurusin badan walau cm berkipas angin, noproblemo.. istirahat sebentar sambil gantian mandi sampai jam 530 keluar bentar buat makan bakso yg ada diujung jalan sambil keliling2 sekitar. karena selama disana gak sempet liat2 sekitar krn selalu brangkat pagi pulang pagi😛 ternyata didepan hotel ada toko oleh2 *gubrak ada sewa mobil hehehe ya begitulah… sempet beli peyek tumpuk disitu :-P~

balik hotel msh sempet nongkrong ngobrol2 diteras hotel sambil nunggu waktu berangkat. jam 630 baru deh pamit hotel berangkat ke stasiun lagi2 pake becak hahaha… sampe stasiun jam 7, nunggu sampe jam 745 sambil foto2, ngobrol2 lagi.. datanglah si gajah wong, kereta ekonomi ac yg tergolong baru. walau ekonomi tp kualitasnya jauh diatas kereta bisnis yg kita naikin pas berangkatnya. gak nyesel deh naik gajah wong, walau memang krn ekonomi jd prioritas rel belakangan ketimbang kelas lain.. gak masalah jg, memang kita pilih waktu malam spy bs tidur aja😉

tapi ternyata tidur dikereta itu sulit. yg ada selalu terbangun terus, kalo nggak ngebetulin posisi biar gak pegel, suara roda kereta menghantam rel kadang mengagetkan, kalo nggak ada telp masuk, kalo nggak tetangga sebelah gak bs diem😛

akhirnya sampe jatinegara jam 530 pagi, lgs nyerbu toilet krn sepanjang jalan males ke toilet kereta😀 bersih2 baru deh keluar stasiun nyari taksi. ternyata banyaknya taksi borongan huh. untung gak lama lewat siburung biru, lgs stop dan naik, dan akhirnya petualanganpun bisa dikatakan selesai untuk episode yogyakarta dipenghujung 2011😉

secara umum sih jalan2 dadakan ini cukup sukses, mengingat rencana, perolehan tiket, hotel, jalur via smg yg terpaksa ditempuh. dan untungnya msh banyak yg mau berbaik hati menjemput, mengantar kita dikota mereka🙂 padahal tadinya rencana bener2 backpacking dari angkot ke becak ke andong ke ojek ke bus hahaha.. tapi karena ada kendaraan itulah, kita jd sempet mampir ke tempat2 yg jauh2.

untuk foto2 bs lgs cek disini aja😉

well, see you on next trip😉

~ by morningd3w on December 27, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: