krakatau – ujungkulon trip

sudah harus bangun jam 4 pagi, mandi, sarapan dan lgs pergi ke rumah temen di bilangan kebayoran lama krn pick up point disitu. jam 7 dijemput dan brangkat ke carita.

dari carita ke rakata (sisa krakatau) by speed boat, kira2 2 jam perjalanan. sempet berhenti ditengah laut krn ada kerusakan motor. untung masih bisa tahan hehe…

setelah 1 jam perjalanan, ternyata sinyal gsm sudah gak ada lagi, bye bye fb, ym, gtalk, email, bbm, sms, whatsapp, 4square, twitter, wp, dll dll dll. selamat datang di dunia terisolasi hahaha.. runaway from daily routines, fully back to nature!

akhirnya terdampar di black sand of rakata… dengan 4 temen lainnya, 2 adalah temen sejak kuliah (baby, juwi), 2 lagi baru kenal krn diajak baby (cindy, tina).

sejenak melupakan rutinitas sehari2… ditemani suara debur ombak di pantai sambil memejamkan mata diatas tikar setelah makan nasi goreng telor ceplok plus ayam bakar. nikmatnya…

sayangnya gak lama datang rombongan turis asing lain yg katanya sih dari new zealand, banyak lg, 4 boat, yang jg istirahat dan makan siang disini. brisik deh. akhirnya kita menyusuri pantai mencari object2 yg bisa difoto, sementara cindy dan juwi snorkling di sekitar.

tapi sejauh kaki melangkah, object yg ada hanya batu dan batu.. diselingi sampah disana sini hhh.. sayang banget, pantai yg harusnya bersih indah jd rusak gara2 sampah yang ternyata bukan dari turis2 yg datang kesitu melainkan dibawa oleh arus air laut dari daratan lain, bisa jadi dari jawa atau dari sumatera.

kembali ke tempat istirahat, malah ketemu biawak yg lumayan gede. yah lumayan dapet object yg gak biasa. setelah itu sebenernya adalagi object yg bener2 gak biasa, white butt hahahah… lagian si bule apa gak sadar, ganti celana deket pohon tapi gak tau kalo dibelakangnya gak ketutup apa2 hahaha..

setelah puas di rakata, jam 3 lanjut pindah ke krakatau by boat (ya iyalah, masa berenang, hueee!) kira2 30 menit lah… krakatau ini yg dikenal dengan anak krakatau, terbentuk setelah letusan krakatau yang pertama. di krakatau lebih sedikit pohon dibanding rakata.

tendapun dipasang, 1 ukuran 3 orang, 1 ukuran mini hmm mustinya sih 1 org bisa, cm kasian dong sendirian.. kayaknya mending dipake untuk taro tas aja. karena didepan tenda ternyata ada pendopo bambu beratap jerami yg biasa jd tempat tidur para ranger yg berjaga2 disitu. jadi sempet diputuskan kita-kita akan tidur disitu malamnya.

karpetpun digelar diatas pendopo, istirahat sambil ngobrol2, sementara 3 awak kapal termasuk tour guide lgs masak makan malam. ternyata awak2 kapal itu hrs multi talented, bisa jd koki, bisa jd kapten kapal, bisa jd guide hahah hebad! salut!

satu lagi yg agak mengagetkan (udah ngira sih bakal susah, tp gak sesusah ini hehehe) ternyata tidak ada sama sekali tempat mck, bahkan yg sederhana sekalipun! jadi segala hal terkait dgn mck hrs dilakukan dibalik pepohonan/semak belukar hahaha.. bener2 back to nature dehhh.. and its getting worst when you had your first day of your period, can u imagine? oh God!

setelah lelah berkurang, kami mulai lagi meng-explore krakatau dengan mendaki cukup tinggi sampai terlihat sunset dibalik puncaknya. and we just realized that we were the only living things on that island, “we are the famous five, nisa, juwi, biki, cindy and tina, cindy’s friend” eh kok jd nyanyi sih! (hahah inget kan lima sekawan?), five girls plus 3 guards and 5-8 rangers that usually stay for 20 days (but usually they stay on the boat). there are no animal, not even birds. no wonder, considering the erruption was just happened 2 months before.

yah, setelah dapet sunset seadanya, balik ke tenda, sdh tersedia makan malam: ikan bakar, udang saus padang, tempe goreng, tumis wortel dan jagung muda, sambel kecap cabe iris, ditambah semangka. kami makan di pendopo dgn diterangi cahaya petromax, sementara para guards, terlihat dr bara api rokok mrk, sdg duduk tak jauh dari situ. sesekali salah seorang guard dtg untuk memompa petromax agar tetap terang. sekali lagi, nikmatnya makan malam di pantai terpencil, kemewahan ditengah segala kesederhanaan…

selesai makan, angin laut semakin kencang dan dingin. rasa2nya gak akan sanggup tidur di udara terbuka dgn kondisi spt itu. akhirnya diputuskan tidur ber5 di tenda yg besar, ternyata muat walo hrs berhimpitan tak bs bergerak ehehhe..

saat itu masih jam 8 malam, masih tergolong sore kalo di jakarta. tapi di krakatau dgn segala keterbatasannya, ya mo ngapain lagi coba? hehehe akhirnya kita siap2 untuk tidur. gue ngambil posisi paling pinggir kiri, just in case I need to rollover whether to the right or left, without waking up the others. but then I realized, I just had my period, well, I know we saw no animal, but even if they’re exist, I thought it would be monitorlizzard, the one who look like mini komodo.

I heard stories abt komodo, which has very sensitive sense. if they sense my period aaarrrgghh! hahaha.. the horror thought keeping me up all night, well, finally I took the sleeping bag log then I placed it right before my knees and the fabric of the tent. at least that log would guard me from anything which possibly attacked me hahah.. I think I watched too much horror movies hahah..

setelah tidur, walaupun kurang nyenyak, jam 5 gue bangun. I’ve planned that I would take a pee and then get cleaned up a little bit while its still dark, of course with help of a headlight that I borrowed from cindy. to be honest, at that time, I still thinking those creatures would come attacked me in the dark, so I took a place near enough to the tent hahahah.. sorry gals😛

yah pokoknya setelah bersih2 seadanya, jam 630 kita langsung berangkat lagi untuk mendaki krakatau, kali ini lebih serius krn ada salah satu guard sebagai guidenya. semangat karena tenaga msh baru dicharge walo gak full😛, kami mulai mendaki gunung pasir tersebut.

memang gunung itu tertutup pasir tebal sehingga untuk mendakipun sulit, karena setiap 10cm pijakan kaki, selalu kembali turun plg tidak 8cm (kira2lah), kebayang kan? berkali-kali jarak pendakian hrs kami tempuh. sebelum pendakian lebih tinggi lagi, kayaknya mending gak usah pake sendal/sepatu (nyontek si guide), jadi kita copot sendal/sepatu dilereng gunung terdekat, gak perlu takut hilang krn kita cuma satu2nya penghuni di pulau itu hahah…

ditengah perjalanan, gue dan juwi keabisan napas😀 terpaksa berhenti sambil berfoto2 sambil istirahat… lanjut lagi dan akhirnya sampai jg dipertengahan kawah krakatau yg msh dipenuhi belerang, yang anehnya tidak terlalu tercium baunya. disitupun foto2 lagi, haruslahhhh, buat apa ngos2an kalo cm liat2 doang :-p yg bikin bete cuma satu, batere kamera abis justru pas gue sampe diatas! bah menyebalkan! bawa sih cadangan sampe 4 set, tp gak dibawa sampe keatas gunung gitu lah #-o

perjalanan turun lebih seru lg heheh.. karena telapak kaki baby sempet luka terkena batu, sang guide dgn semangatnya berlari turun zigzag untuk mengambil sendal/sepatu kita. wah ternyata turun jauh lebih mudah! dgn semangat kita jg ikut turun, tp gak brani berlari spt guide td, khawatir aja gak bs ngerem trus gelinding heheh.. sementara si guide jg sudah akan lari untuk mendaki menyusul kami, tp kami tahan, gak tega jg, pasti capek banget kalo dia hrs naik lg. seneng jg pas turun, lancar! hahaha.. tapi krn blm tau, kita mengambil arah lurus, bukannya zigzag spt guide, ternyata lurus menyebabkan bagian belakang baju dan badan kotor penuh debu hahaha.. well, lesson learned lah😀

dengan berlari2 kita lgs ke laut untuk bersih2 kemudian kembali ke tenda. dan ternyata sarapan sudah siap: roti tawar, telur dadar, pisang goreng dan teh manis hangat. waduh mantap tenannn.. dari sejak kemarin nahan2 gak makan/minum banyak krn gak ada mck, sebenernya sayang jg krn makanan/minuman begitu enak dan banyaknya hhh…

selesai sarapan, sekitar jam 930 kami bersiap2 meninggalkan krakatau untuk snorkling di sekitar pulau peucang, yg akan jd tempat bermalam selanjutnya.

mulailah perjalanan laut yang menegangkan.. sepanjang jalan ombak besar terus menerjang, speedboat terhempas2 hingga airpun masuk kedalam kapal. satu persatu kita pindah ke bagian belakang kapal supaya gak kena cipratan (lebih tepatnya siraman hehe) air, sang kaptenpun sudah bertelanjang dada krn kaosnya sudah kuyup dengan air. gue? jgnkan mikir mual or sakit perut yg biasanya memang dateng saat kondisi kek gitu, malah berkali-kali berdoa karena perjalanan yang begitu tegang dan lama.

akhirnya setelah terguncang2 diatas laut hampir 3 jam, sampai juga ditempat snorkling didekat pulau peucang. betapa leganya. lagi-lagi gue absen snorkling, and to make it perfect, i had extend on my pant! oh no! tried to be cool as always, i just asked the guards if it’s possible to get change on that boat😛 of course not! ya sudah, ngejogrok aja dilantai sambil nulis. sementara yang lain bersenang2 di sekeliling kapal.

gak jauh dari situ ada juga kapal kayu para rangers, sang kapten dari kapal itupun mampir ke kapal kita dan ngobrol2, dia jg mau snorkling dan sepertinya caper aja ma kita2 hahaha.. jd diapun menyusul yg lain untuk snorkling. gue cuma sesekali ngambil foto temen2 yg lg berenang. setelah selesai, mereka kembali ke kapal. sempet guard kita ngeliat kapten kapal yg tadi justru lari ke pantai pulau terdekat yg kosong. dia jg sempet bertanya2 ngapain temennya kesana. cuma gak lama kita jg pergi dari situ dan menuju pulau peucang.

sampailah kami di pulau peucang, pasir putih yang bersih.. wow! so beautiful! pasir putih, air laut yang bening, sepanjang pinggiran pantai berwarna kuning, hijau, biru.. duh indah banget deh pokoknya. sempet terpukau.. tapi inget jg ada hal urgent yg harus dilakukan pertama kali: bersih2! hahhaa.. langsung ke kamar dan mandi, sayangnya air lagi mati *gubrak* jd mandinya pun ngirit2 krn air cuma ada seember, sedangkan temen yang masih ngantri ada 2 lagi (baby, juwi).

setelah selesai mandi, kenapa juga temen2 gak ada dikamar, ternyata mrk semua ada diteras pondokan, banyak orang ngumpul disitu. ternyata ada korban serangan buaya di laut, dan ternyata lagi, orang itu adalah kapten kapal yang tadi ikut snorkling bareng kita, diserang buayapun dideket tempat kita jg snorkling tadi! we are so lucky, it could be us whose bitten by that crocodile. lukanya pun lumayan parah, ada 5 jahitan, untungnya saat itu lagi ada dokter yg sdg menghadiri acara pertemuan madu sedunia disitu. jd langsung dia turun tangan deh.. thanks God!

setelah temen2 yang lain selesai mandi, kita pun lagi-lagi makan siang di aula (semacam ruang pertemuan yg saat itu lagi ada acara madu sedunia itu): kali ini dengan bihun goreng, ayam bakar, sambelan kentang dan buah semangka (lagi)😀 serbuuuu😀 kali ini gak pake khawatir, krn mck sudah tersedia heheh.. jadwal explore berikutnya adalah jalan-jalan menembus hutan sampai ke ujung pulau lainnya. sambil nunggu temen-temen selesai makan dan mandi, kita ngobrol dan nonton acara madu sedunia itu aja deh..

hampir jam 4 baru kitapun berangkat ditemani 2 guide, depan satu belakang satu, dengan berbarispun kami berangkat. mulai masuk ke dalam hutan yang juga dihuni oleh binatang-binatang seperti rusa, babi hutan, burung langka, monyet, biawak dan juga pepohonan tua yang unik seperti ara pencekik/kiara.

perjalanan berangkat memakan waktu lama karena kita sering berhenti untuk foto ketika ada pohon langka ataupun ada binatang2 yang bisa jd object foto. sampai di ujung pulau, yaitu pantai sempit yg dipenuhi batu-batu karang dan juga tebing diatas dengan pemandangan yang luar biasa. saat itu juga sunset sudah mulai terbentuk, sehingga rada2 lupa diri menghabiskan waktu hingga jam 6 berfoto2 disitu.

perjalanan pulang yang seharusnya memang tidak dilakukan malam hari, menjadi sulit krn kita cuma modal senter kecil yg dibawa oleh guide plg depan. tp untuk satu temen kita, tina bawa senter yg dari hpnya dia. dari sejak foto2 sunset emang sudah rencana gue kudu didepan😀 jd sepanjang perjalanan pulang gue nempel terus sama guide didepan hahaha.. abis gile aje, gelap banget bo!😛 di hutan yg gak jelas gitu.. dah mana ada suara2 aneh.. :-ss rasa capek, pegel, sakit krn tergores2 sana sini, semua terabaikan, perjalanan pulang jadi lebih cepet daripada perjalanan perginya. krn ngebut dan gak pake mampir2 untuk foto2 (ya iyalah apa jg yg mo difoto gelap gitu :D)

tp alhamdulillah akhirnya sampe juga di penginapan sekitar jam 730 hh.. setelah bersih2, keluar kamar eh udah disediain makan malem diruang tamu kita, wow! what a service! bener-bener profesional nih😀 menu kali ini: gulai ayam, kentang tumis bumbu (uenak banget!), calamari, capcay dan buahnya melon.. wahhh.. sayangnya perut gue lg bermasalah, jd krg bisa menikmati jg😀

setelah dinner, kita mo liat2 toko souvenir yg katanya ada di pondokan paling depan komplek penginapan dipulau ini. menyeberangi lapangan yg ternyata sudah ada rusa, babi hutan, monyet hehe.. mrk jinak jg sih. cm tetep aja gue takut, krn kondisi gue lg begini. ngerinya sih sama si babi hutan, krn takut aja dikejar hahaha.. dasar penakut😛 sampe di toko souvenir ternyata kaos-kaosnya lg gak ada stok, souvenir2 lain jg gak ada, yahhhhh… gak ada souvenir deh jalan-jalan kali ini..

balik ke penginapan, ngobrol2 lagi dikamar bertiga (baby, juwi), cerita seru mengenai pengalaman pribadi masing-masing😉 sempet terganggu karena beberapa kali pintu dibuka/ketuk dan ternyata salah kamar atau salah orang, halah! ini acara madu gak jelas, masa salah kamar melulu sih!.. kalo mo kenalan ya bilang aja napa!😛 tapi akhirnya kami tertidur juga.

paginya bangun jam 530, bersih2, beres2, trus ke pantai.. rencana mo foto2 dulu sebelum kita sarapan.. eh betenya terulang lagi, ternyata batere kamera lagi-lagi habis! huuuuhhh.. akhirnya cuma bisa minta tolong foto2in aja sama juwi deh. dari situ kita balik ke penginapan trus mandi dan packing2. ke aula untuk sarapan, aduh kayaknya ngomongin makanan mulu jadinya ya😀 abis masakannya enak2 sihhhh, apa krn situasi dan kondisi yg lg begitu jd makanan rasanya selalu enak ya? entahlah😀 sarapan kali ini: roti gandum, selai coklat/strawberry, 2 telor mata sapi, mie goreng dan nasi, waduh! tahan.. tahan.. inget2 dah gampang naek ni berat badan😛

yah selesai makanpun, kita bersiap2 meninggalkan pulau peucang, pulau terpencil yang masih asli dengan habitat alamnya. jauh dari hiruk pikuk kota. tapi asli, kalo tinggal disitu, semua harus dipesen, ntah itu makanan, minuman, perlengkapan, persediaan dan lain-lain, karena emang gak ada toko sama sekali, boro2 supermarket😀 sinyal teleponpun masih istirahat disitu hehehe..

akhirnya pulangggg… untungnya perjalanan pulang kali ini lancar-lancar aja, gak seperti kemarin. setengah jam sebelum sampai, barulah sinyal gsm didapet, lgs updateeeee!!!😀 sampai di carita hampir jam 12, langsung cari warung dan toilet di hotel seberang :)) you know lah, when you had your period and you have no extra pads, don’t you feel you need to run to the nearest store/bathroom to buy/check? hehehe.. thanks God, all the things i need was there.

sempet mampir ke warung otak-otak bu entin, beli otak-otak (ya iyalah :P) plus sate udang dan sate cumi😀, si cindy dan tina jg nyobain sate sapi dan sate ayam (sama tulang-tulangnya disate) heheh.. dasar turis😛 dimakan langsung di mobil tuh😀

di peristirahatan jam 1 siang, mampir untuk makan siang. cuma makan sotomie dan bakso aja sih.. lagi-lagi si cindy dan tina nyobain bakso pake saos sambel ubi😀 dan cuka dan sambel beneran hahah.. hati-hati aja tu perut😀

dari situ lgs ke bandara dan mereka pun pamit, baby, cindy dan tina. tinggal gue ma juwi dianter dan didrop di PI mall. sampe mall jam 4 sore lgs cari salon😀 hair mask dan pedicure terasa menggoda😀 setelah itu cari cemilan yg ternyata gak pantes disebut cemilan, pancious (ini bukan toko panci ya :D) yang ternyata pancakenya ukuran besar *doh penuh bener ni perut jdnya😀 setelah itu baru deh pulang by taksi, sampe rumah jam 8 teng!

rasanya jalan-jalan kali ini seru banget, terutama ngerasain spent the night in the open air in krakatau.. terguncang, terhempas, tersiram haha.. ketika melaju diatas speedboat dengan rasa waswas, merasa beruntung karena gak jadi korban buaya darat eh, buaya muara😛.. blind walk through the black forest (eh kok jd yummy kedengerannya ya? :P).. bisa ngobrol2 dengan temen2 deket yg susah banget cari waktu pas buat ngumpulnya.. yah akhirnya rencana singkat itu bisa terlaksana😉

~ by morningd3w on September 28, 2011.

One Response to “krakatau – ujungkulon trip”